Pesona kota-ku pagar Alam




Pagaralam dimana itu??sulawesi bagian mana??utara atau selatan? 
Atau bagian dari kalimantan barat ,mungkin.??
Ya oloh,pertanyaan kek gini mang pernah menghampiri beberapa temen gw yg kuliah dipulau jawa.
Gw ma heran orang yang nanya itu emang bego apa karena guru geografinya ga menarik jadi ga ada yang nyantol dari penjelasan gurunya.ckckck




Pagaralam itu adalah sebuah kota dibagian selatan sumatra. Dulunya merupakan bagian dari kabupaten lahat. Namun pada tahun 21 juni 2001 bedasarkan undang-undang no.8 tahun 2001 pagaralam berdiri sendiri lepas dari kabupaten Lahat, berdiri dibawahi pimpinan walikota pertamanya H.djazulu kuris yang membawahi lima kecamatan dempo utara, dempo selatan,dempo tengah, pagaralam selatan dan pagaralam utara. secara koordinat pagaralam terletak di 103, 15 BT,4 LS dengan luas 633,66 km. Jumlah penduduk 118.904 berdasarkan hasil sensus tahun 2003(sedikit sekali#bnyakan followers irfan bachdim ditwitternya yang udah mencapai lebih dari 400ribu *wieewh*). 

Dari bahasa pagaralam terdiri dari dua suku kata pagar(dikelilingi) dan alam bisa diartikan dikelilingi oleh bukit. Sejauh mata memandang segodek-godeknya pala loe muter yang loe temui adalah hamparan bukit. Itulah sebabnya karena dikelilingi bukit hijau udara dikota yang terkenal dengan legenda serunting sakti ini terasa sangat sejuk .


Pagaralam begitu mempesona,bukan karena gw lahir dan besar dikota itu. Emang begitula adanya *gwkan orang yang jujur..hehehe*
seperti dalam lirik sebuah lagu lokal


pagaralam kota wisata pemandangan yang indah-indah
gunung dempo tinggi mempesona
cughop embun penyejuk jiwe lara

pagaralam kota bersejarah banyak peninggalan 
dijaman baghi
huma batu menjadi saksi 
batu betules menjadi saksi 


  •  Potensi wisata 


1. Gunung dempo



  

    Gunung ini sangat indah menjulang tegak menggapai langit biru  apabila dilihat dari pagi hari dengan ketinggian 3159 dpl. Gunung Dempo memiliki dua puncak yang satunya bernama Puncak Api. Menjelang puncak pertama Dempo yang merupakan dataran masif, Puncak pertama ditumbuhi tanaman yang rendah mirip perdu. Dari puncak pertama ini kita turun kembali ke lembah yang diapit oleh puncak pertama dan puncak utama. Dilembah ini terdapat sebuah sumber mata air mengalir di sini. Hanya airnya yang jernih ini sedikit kecut rasanya, mungkin pengaruh rembesan belerang.
*gw sendiri s belom pernah kesana ,pengeann banget  kesana*

2.Lematang indah

 


, Lematang indah merupakan salah satu objek wisata alam yang menjadi andalan Kota Pagaralam. Air terjun Lematang indah memiliki ketinggian 40 M untuk mencapai dasar air.



3.air terjun(cughop)
       


4. Wisata sejarahhh

  
            

 Benda bersejarah yang sudah ditemukan di Pagaralam,antara lain arca manusia dalam berbagai bentuk, kubur batu, candi batu tulis, kursi batu, ranjang batu, dolmen, menhir, termasuk penemuan kampung megalit di Kecamatan Dempo Selatan.Namun Pagaralam saat ini masih perlu melakukan pembenahan dalam berbagai bidang untuk mendukung pengembangan wisata sejarah. Termasuk berjuang agar masuk menjadi kawasan cagar budaya.
  



ini hanya sebagian kecil dari objek wisata yang telah dikelola dan masih ada banyak kesegaran air terjun dipedalaman hutan bumi pasemah ini yang belum terjama juga peninggalan sejarah masa lampau yang menunggu untuk dipecahkan. Selain itu kota ini juga menyimpan kebudayaan.


Seperti semua orang yang selalu memuja tanah dia bermula, begitu pun gw. Bagi gw walau kehangatan sepanjang taun pesisir pantai honolulu begitu menjanjikan, keeksotisan bali yang mendunia, indahnya bunga sakura musim semi jepang, atau kekayaan sejarah negeri firaun,Mesir ga akan mampu menandingin kekagumman gw terhadap tanah yang merupakan  bagian fakta sejarah kebesaran kerajaan sriwijaya sebab  disini gw bermula , disini gw tumbuh, di kota ini orang-orang terindah dalam hidup gw berada. Kota yang gw selalu bisa menjumpai senyum hangat masyarakatnya. Kota yang selalu akan gw rindukan.

Hmmm.. Yeahhh..


Gw bangga jadi bagian dari kota kecil ini, my hometown...
   P A G A R A L A M



Tidak ada komentar:

Posting Komentar